Berikut Info yang di sampaikan oleh calon penghuni C4 no 3 yang disampaikan di milis Taman Anyelir bagi yang ingin double tembok dan merubah pondasi untuk persiapan di tingkat. Berikut sebagian besar isi email itu :

hari ini saya jadi ke TA2, buat ketemu sama bag. produksi yang ternyata bernama PAK HAFID [08882600266, smoga beliau tidak keberatan no hp nya saya tulis di sini] untuk nanya2 soal renov rumah dan biayanya. begini ceritanyah:

  • ga semua bagian rumah bisa direnovasi karena berhubungan dengan appraisal dari BTN kelak, jadi kalo ternyata pas jadi ga sesuai dengan rencana bangun/ specs awal, btn bisa ga percaya lagi sama developer. jadi, yg bisa request di renov hanya pondasi, double tembok, dan pagar belakang.
  • saya dikasih gambar rencana pondasi footplat dan aanlisa harga borongan buat bikin pondasi, duble tembok dan tembok blakang itu [besok saya scan di kantor dulu ya]. kalo buletnyah sih biaya bikin pondasi per titiknyah itu 922 rb, tapi ada potongan 169 rb karena set awal rumah udah ada pondasinya sendiri, jadi cuma nambah kedalaman pondasi gitu looo [ngerti kan ya]. untuk type 36 itu ada 9 titik pondasi kalo mo dibangun tingkat full depan belakang. tapi kalo mau setengah, mis. bagian depan ato bag. blakangnyah aja, harus bikin pondasi di 6 titik.
  • kalau double tembok buletnyah 8.885.000. itu untuk dinding kanan kiri. jadi kalau di hook berarti cuma bikin satu sisi aja, jadi harga tsb dibagi dua. [mahal ya…]
  • kalau mau bikin tembok pembatas [bisa blakang sampe ke samping] itu 4.151.000 untuk tinggi 2 m type 36. tapi saya lupa, itu untuk bikin tembok blakang aja, ato sampe ke samping juga. yg pasti nanti jadinyah ga full semen gitu, jadi yg disemen cuma pinggirannya [list nya aja] tengah2nya tetep kliatan batakonya. pak hafid bilang jadi kalau kita mo modif dengan nempelin batu kali di tengah2 nya misalnya, ga perlu ngebobok tembok lagi. begonooooo…
  • kalau kita confirm mau di renov seperti di atas, kita tinggal telpon kantor pemasaran ato pak hafid untuk kemudian tentuin waktu buat tantatangan semacam surat perjanjian gitu. pembayarannya 40% dibayar pas pekerjaan sudah 50% progress, yg 55% dibayar pas perkerjaan selesai 100%, 5% terakhir dibayar pas sekitar sebulan setelah proyek tambahan tsb kelar. jadi kalo misalnya kerjaannyah ga bener, ya kita ga usah bayar yg 5%, buat biaya perawatan gitu.
  • info lain dari pak hafid itu, menurut itung2an blio, blok c4 bisa kelar itu sekitar bulan feb-mar ’09. bisa ditinggalin kalau sudha selesai tanpa harus nunggu blok yg lain kelar dibangun. soal listrik itu nanti bisa diusahakan dan dikompromikan.
  • kedalaman sumur untuk TA2 itu berbeda dengan TA1. untuk TA1 itu kan 16 m, jadi kalau setelah digali 16 m ternyata tetep ga dapet aer ya udah ga diperdalam lagi. tapi beda dengan TA2, menurut blio daerah situ dengan kedalaman 12-14 m saja sudah dapat air. dan sumur di TA2 digali sampe keluar air. jadi mau itu lebih ato kurang dari 16 m yg penting sampe air keluar.
  • pintu depan TA2 pake panel kayu padat, jadi bukan double triplek tengah kosong kaya TA1.
  • pagarnya juga agak berbeda [bukan materialnya] detail nya saya tadi kurang merhatiin.
  • bagian rumah lainnya bisa di renov suka2 kalau masa appraisal oleh btn sudah lewat, jadi sekitar 3 bulan setelah rumah jadi.
  • kita bisa siapin tukang dan material sendiri buat renov rumah, tapi bukan renov pondasi dan tembok2 itu. ini buat renov yg dah 3 bulan jadi ituh.